Senin, 10 Juni 2013

UPDATE KODE ICD 10 DIAGNOSA INFLUENZA VIRUS H5N1&H1N1


Akhirnya bisa meluangkan waktu juga untuk berbagi ilmu pengetahuan tentang pengkodean penyakit setelah beberapa hari ini tidak update dikarenakan padatnya volume pekerjaan kantor yang harus segera dirampungkan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang update kode ICD 10 untuk diagnosa Influenza virus H5N1 dan H1N1. Mungkin barangkali diantara para koder sudah ada yang mengerti akan kode baru untuk diagnosa Influenza Virus H5N1 dan H1N1. Akan tetapi tidak ada salahnya saya akan memberikan gambaran tentang kode baru untuk diagnosa Influenza Virus H5N1 dan H1N1. Update kode ICD 10 untuk diagnosa Influenza Virus H5N1 dan H1N1 masih saya ambil dari Buku Update Review ICD Tahun 2012

Pada dasarnya sama halnya pada posting saya sebelumnya update kode ICD 10 untuk diagnosa Haemorrhoids bahwa ICD 10 akan selalu update dari waktu ke waktu. Oleh karena itu kita sebagai koder dignosa harus selalu mengikuti perkembangan dari update-update ICD 10. Sebagimana sudah kita ketahui bahwa seorang koder yang baik bukanlah koder yang hafal akan kode-kode ICD 10, akan tetapi koder yang paham dan mengerti cara mencari kode dari diagnosa-diagnosa.
Kode ICD 10 untuk diagnosa Influenza Virus H5N1 dan H1N1 yang baru bersumber dari (Source) URC#1602 WHO yang telah disetujui oleh WHO pada bukan Oktober tahun 2009. Perubahan kode ICD 10 untuk diagnosa Influenza Virus H5N1 dan H1N1 dimasukkan dalam kategori Minor. Akan tetapi penerapan untuk kode baru tersebut baru dilakukan mulai bulan Januari Tahun 2011. Mungkin dari ICD 10 yang dimiliki para sobat koder belum ada untuk kode diagnosa Influenza Virus H5N1 dan H1N1 dikarenakan buku ICD 10 yang dimiliki masih versi yang lama. Untuk lebih jelasnya saya akan jabarkan di bawah ini:
J09   Influenza due to certain identified influenza virus
        
Influenza caused by influenza virus strains of special epidemiological importance with an animal-human or
inter-human transmission limited to the inclusions.

Note:  Additional virus strains may only be included upon recommendation by
          WHO.

Includes:    Influenza A/H1N1 pandemic2009 [swine flu]
                   Influenza A/H5N1 epidemic [avian influenza]

                   Use additional code, if desired, to identify pneumonia or other
                   manifestations.

Excludes:
Haemophilus influenzae [H. influenzae]:
· infection NOS ( A49.2 )
· meningitis ( G00.0 )
· pneumonia ( J14 )

            Pada keterangan di atas bahwa jelas terlihat bahwa kode untuk diagnosa Influenza Virus H5N1 dan H1N1 adalah J09. Sobat koder semuanya demikian yang bisa bagikan ilmu untuk kali ini. Apabila sobat koder masih belum jelas dengan keterangan penjabaran di atas, sobat koder bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar atau dengan mengirimkan email ke saya.

Sumber : Buku Update Review ICD 10 Tahun 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar